Mamfaat Gerakan pada Shalat

Minggu, 27 November 2011.
Sholat merupakan kewajiban setiap umat islam. Shubuh, Dzuhur ,Ashar, Magrib dan Isya kita kerjakan dalam lima waktu. selain untuk mendekatkn diri kpd Allah swt sang pencipta alam semesta, sholat juga memberikan ketenangan jiwa dan pikiran, setiap gerakan sholat memiliki manfaat yg bisa menyembuhkn berbagai penyakit.


1. Takbiratul Ihram

postur: berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar dng telinga, lalu melipat'y di dpn perut atau dada bagian bawah.
manfaat: melancarkan aliran darah, getah bening dan kekuatan otot lengan. posisi jantung di bawah otak memungkinkn darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. kemudian kedua tangan didekapkan di dpn perut atau dada bagian bawah. sikap ini menghindarkn dari bebagai ganguan persendian, khusus'y pada tubuh bagian atas.

2. Rukuk

postur: rukuk yg sempurna ditandai tulang belakang yg lurus sehingga bila diletakan segala air diatas punggung trsbt tak akan tumpah. posisi kepala lurus dng tulang belakang.
manfaat: postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. posisi jantung sejajar dng otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. tangan yg bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot2 bahu hingga ke bawah. selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

3. I'tidal

postur: bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga.
manfaat: I'tidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. gerakan berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yg baik. organ organ pencernaan di dlm perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. efeknya, pencernaan menjadi lbh lancar.

4. Sujud

postur: menungging dng meletakan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai.
manfaat: aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. posis jantung diatas otak menyebabkn darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. karna itu, lakukan sujud dng tumaaninah, jng tergesa2 agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. postur ini juga menghindarkn gangguan  wasir. khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat yg sangat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

5. Duduk

postur: duduk ada dua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir). perbedaan terletak pada posisi telapak kaki.
manfaat: saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yg terhubung dng syaraf nervus Ischiadius. posisi ini menghindarkn nyeri pada pangkal paha yg sering menyebabkn penderitanya tak mampu berjalan. duduk tawarruk sanggat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kadung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. jika dilakukan dng bnr, postur irfi mencegah impotensi. variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkn seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali, gerakan dan tekanan harmonis inilah yg menjaga. kelenturan dan kekuatan organ2 gerak kita.

6. Salam

postur: gerakan memutar kepala ke kana dan ke kiri secara maksimal.
manfaat: relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah..

Nama : Muhammad Fazrul I
Kelas : 1IA05
NPM : 54411833

Comentários:

Posting Komentar

 
Ordinary blog and Ordinary people © Copyright 2010 | Template By FazruL Lestrange |