Macam-macam Web Browser dan Sejarahnya

Selasa, 02 April 2013.
Mozilla Firefox









  • Pencetus:



Dibuat oleh Mozilla Corporation, Firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko Layout Engine. Tidak hanya handal, Firefox juga didukung oleh sejumlah add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan add-ons tersebut. Mozilla Firefox juga adalah browser yang paling sering digunakan oleh windows.

  • Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
  1. Merupakan browser dengan perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat.
  2. Security yang dimiliki oleh Mozilla Firefox lebih handal dibandingkan dengan browser lainnya.
  3. Ukuran aplikasi yang relatif kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang bisa mencapai 80 MB. 
Kekurangan:
  1. Mozilla Firefox tidak memiliki pertahanan yang cukup bagus terhadap serangan popup bila kita membuka website dengan banyak popup, yang bisa mengganggu kenyamanan browsing. 
  2. Mozilla Firefox, seperti browser lain, pada umumnya tidak memiliki pertahanan yang baik untuk menangani malware. Malware adalah sejenis virus yang menginfeksi komputer yang biasanya ditujukan untuk mencuri data-data komputer yang diinfeksi.
  3. Mozilla Firefox sering crash terhadap aplikasi-aplikasi lain di komputer, sehingga komputer tidak dapat digunakan karena hang.


  • Sejarah
 Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.


Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan clientMozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla. e-mail



SAFARI










  • Pencetus:
Safari dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. Dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3.



  • Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:

  1. Safari Browser irit dengan pemggunaan bandwithnya.
  2. Safari Browser adalah merupakan salah satu browser yang paling stabil karena jarang crash atau error.
     
  3. Tampilannya elegan yang dapat memanjakan penggunanya. 

Kekurangan:

  1. Safari Browser menuntut spesifikasi yang agak tinggi.
  2. Tidak ada fitur restore kalau Safari nge-hang.
     

  • Sejarah
Sampai pada tahun 1997, computer Apple Macintosh telah mengirim hanya dengan Netscape Navigator dan Cyberdog . Internet Explorer for Mac dan Mac OS 8.1 baru akhir-akhir ini digunakan sebagai web bawaan sebagai bagian dari lima tahun perjanjian antara Apple dan Microsoft. Akan tetapi, Netscape Navigator terus diikut sertakan. Microsoft melrilis tiga versi utama dari Internet Explorer untuk Mac yang dibarengi dengan Mac OS 8 and Mac OS 9. Setelah itu, Microsoft merilis Mac OS X edisi dari Internet Explorer 5, yang sudah diikut sertakan sebagai web bawaan peramban pada semua Mac OS X yang dirilis dari Mac OS X DP4 sampai Mac OS X v10.2.

Pada 7 Januari 2003Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple telah mengembangkan peramban web miliknya sendiri yang berbasiskan KHTML mesin peramban yang dinamakan Safari. Mereka merilis versi beta pertama pada hari itu dan sejumlah beta versi lainya mengikuti sampai kepada veri 1.0 yang dirilis pada 23 Juni 2003. Pada mulanya tersedia sebagai aplikasi yang diunduh secara terpisah kemudian digabungkan dengan Mac OS X v10.3 saat rilis pada 24 Oktober 2003 sebagai web bawaan dan Internet Explorer for Machanya dimasukkan sebagai alternatif. Sejak liris Mac OS X v10.4 pada 29 April 2005, Safari menjadi satu-satunya peramban web yang termasuk dalam sistem pengoperasian.

Setelah mendapat beberapa kritik dari pengembang KTHML pada bulan Juni tahun 2005 mengenai kekurangan akses untuk mengubah log, Apple mengubah pengembangan sumber kode dan pelacakan gangguan dari WebCore dan JavaScriptCore kepada OpenDarwin.org. Webkit sendiri juga dibuat sebagai referensi umum. Kode rahasia bagi aspeknon-renderer pada peramban, seperti elemen GUI tetap menjadi milik perusahaan.

Versi 2.0 dari Safari dirilis pada 29 April 2005 dan hanya menjalankan Mac OS X 10.4.x (Tiger) atau versi sebelumnya. Versi ini menarik pembei karena memiliki 1.8 kali kecepatan dibandingkan dengan versi 1.2.4.

Pada bulan April 2005Dave Hyatt salah satu dari pengembang Safari di Apple mendokumentasikan progresnya dalam memperbaki bugs di Safari agar melewati tes Acid2. Tanggal27 April 2005, ia mengumumkan bahwa pekembangan Safarinya telah melewati tes yang membuatnya sebagai peramban web pertama untuk melakukan hal tersebut. Pada mulanya perubahan tidak tersedia bagiakhir pengguna kecuali mereka mengunduh dan melengkapisumber WebKit milik mereka atau menggunakan salah satu aplikasi pada opendarwin.org. Meskipun demikian pada 31 Oktober 2005 Apple merilis Safari versi 2.0.1 yang memasukkan Acid2 yang telah tetap.

Pada 9 Januari 2007, Job secara formal mengumumkan bahwa iPhone Apple menggunakan penjelejah Safari yang menggunakan fitur mesin JavaScript (Nitro) sebagai bagian dekstop hanya pada iPhone 3.0.


Opera













  • Pencetus
Opera dikembangkan oleh Opera Software Company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya add-ons,  Opera punya “Opera Widgets”. Sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.

  • Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
  1.  Terdapat pilihan dalam berbahasa Indonesia. Memungkinkan untuk lebih mudah mengoperasikan Opera Browser.
  2. Tidak memakan memory yang besar, Ringan saat dijalankan, dan Startup lebih cepat.
     
  3.  Fitur keamanan situsnya lebih lengkap muntuk menangkal virus dari internet yang merusak dan mencuri data dari komputer anda.

Kekurangan:
  1.  Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs.
  2. Sering error jika digunakan untuk menyimpan halaman.
     
  3.  Tidak bisa menerima format tertentu seperti XML dan ada beberapa situs developer game yang tidak bisa dibuka.

  • Sejarah
Dimulai pada tahun 1994, Telenor, sebuah perusahaan telekomunikasi di Norwegia membuat software browser (sebagai pesaing Internet Explorer dan Netscape pada waktu itu) yang diberi nama MultiTorg.
Sayangnya pada saat itu, publikasinya tidak sehebat para pesaingnya. Padahal dari sisi fitur, MultiTorg menggunakan teknologi MDI (Multiple Document Interface) yang memungkinkan browser tersebut menampilkan hingga 4 situs web sekaligus, seperti tampak pada gambar. Fitur ini belum dimiliki browser-browser sejenis belum memiliki kemampuan seperti itu.
Tidak hanya itu, MultiTorg memiliki kemampuan standar W3C yang baru saja dirilis. Padahal Internet Explorer (yang dibuat oleh perusahaan besar Microsoft) saja belum mengadapsi W3C secara penuh pada saat itu.

Akhirnya karena dorongan publik penggunanya, MultiTorg diperluas publikasinya. Kali ini menggunakan nama baru yakni Opera 2.0. Distribusi browser baru ini menggunakan metode shareware dimana setelah 30 hari penggunaan, penggunanya harus melakukan pembayaran sebesar US$39.95.
Berbeda dengan software sejenis pada saat itu, Opera memiliki versi untuk beberapa sistem operasi yakni Windows, Apple Macintosh, BeOS dan Unix.

Beberapa waktu kemudian, Opera 3.0 diluncurkan. Opera 3.0 merupakan browser pertama (sebelum Netscape dan IE) yang mendukung Javascript. Dan kemudian pada versi 3.5, Opera menambah dukungannya terhadap CSS (Cascading Style Sheets) . Dukungan terhadap CSS ini sangatlah kuat karena salah satu pembuat CSS adalah CTO Opera saat itu, yakni Håkon Wium Lie.



GOOGLE CHROME











  • Pencetus
 Google Chrome adalah browser yang dikeluarkan oleh Google, sebuah perusahaan search engine terkemuka didunia. Google Chrome juga dirancang agar berjalan secepat mungkin: Cepat dimulai dari desktop, memuat laman web dalam sekejap, dan menjalankan aplikasi web yang rumit dengan cepat.
  • Kekurangan dan Kelebihan
Kelebihan:

  1.  Google mananamkan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti Gmail atau Google Teader dapat dijalankan lewat shortcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi local.
  2. Browser yang paling ringan jika dibanding dengan browser browser lainnya. 
  3.  Pada setiap tab yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu tidak akan meyebabkan seluruh browser error. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya).

Kekurangan:

  1.  Jika kita menginstal dalam versi Bahasa Indonesia, maka akan terdapat beberapa keanehan ataupun ketidakcocokan antara bahasa yang bersangkutan.
  2. Untuk kecepatannya masih bisa dibilang kurang stabil, karena saat mencoba membandingkannya dengan FireFox, terlihat jauh lebih lama dalam proses loading.
     
  3.  Karena bisa di bilang browser yang dalam masa pertumbuhan, tampilan yang ditayangkan oleh Chrome kurang menarik, dan bisa dibilang hanpir sama dengan tampilan aplikasi Opera.

  • Sejarah
Google mengeluarkan browser terbaru yang diberi nama Google Chrome. Kenapa Google meluncurkan Google Chrome? Sebab mereka percaya, bahwa  mereka dapat menambahkan nilai untuk para pemakai internet dan, pada waktu yang sama, mereka memberikan inovasi pada web browser.

Google Chrome di miliki dan di kembangkan oleh Google. Menggunakan Webkit Layout Engine. Browser ini menggunakan slogan deskripsi yang sesuai dengan apa yang ia tawarkan: "sebuah browser yang hanya memerlukan waktu install beberapa detik saja."

Chrome pertama kali di rilis oleh Google pada tanggal 2, September, 2008 saat itu hanya untuk Microsoft Windows karena masih dalam status beta. Lalu pada 11, Desember di tahun yang sama Google Chrome di luncurkan untuk semua sistem operasi karena telah mencapai versi stabil.

Dan pada bulan Januari 2012, Google Chrome diperkirakan telah berhasil meraih presentase 25-28% dari keseluruhan pengguna browser dunia, membuatnya sebagai browser kedua atau juga ketiga paling banyak di gunakan setelah Mozilla Firefox, menurut sejumlah sumber.



Sumber:




Comentários:

Posting Komentar

 
Ordinary blog and Ordinary people © Copyright 2010 | Template By FazruL Lestrange |